Rabu, 26 Januari 2011

Begadang, Penyebab Utama Kerusakan Organ Tubuh Terutama Hati

Check it out :)

kerusakan hati, penyakit hati, lever, kanker
Begadang adalah kegiatan berjaga di malam hari saat seharusnya orang-orang tidur, ntah ngapain aja ya? (kecanduan blogging mungkin? Hehe)


Penyebab utama kerusakan hati adalah:
1. Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang adalah penyebab paling utama
2. Tidak buang air di pagi hari
3. Pola makan yang tidak beraturan
4. Tidak makan pagi
5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan
6. Terlalu banyak mengkonsumsi bahan pengawet, zat tambahan, zat pewarna, pemanis buatan
7. Minyak goreng yang tidak sehat! Sedapat mungkin kurangi penggunaan minyak goreng saat menggoreng makanan hal ini juga berlaku meski menggunakan minyak goreng terbaik sekalipun seperti olive oil.

sebaiknya juga jangan mengkonsumsi makanan yang digoreng bila kita dalam kondisi penat, kecuali dalam kondisi tubuh yang fit)

8. Mengkonsumsi masakan mentah (sangat matang) juga menambah beban hati. Sayur mayur dimakan mentah atau dimasak matang 3/ 5 bagian. Sayur yang digoreng harus dimakan habis saat itu juga, jangan disimpan Kita harus melakukan pencegahan dengan tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Cukup atur gaya hidup dan pola makanan sehari-hari. Perawatan dari pola makan dan kondisi waktu sangat diperlukan agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai dengan jadwalnya.

Sungguh susahnya hidup sehat, tapi selama ada tekad yang kuat saya rasa kitapun bisa mendapatkannya.
Gambar kerusakan hati (jangan dibuka):
kerusakan hati, penyakit hati, lever, kanker
kerusakan hati, penyakit hati, lever, kanker

Berikut beberapa porsi aktifitas organ tubuh manusia menurut rentang waktunya:

Malam hari jam 21.00 – 23.00:
Adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian sistem antibodi (kelenjar getah bening). Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang atau mendengarkan musik. Bila saat itu seorang ibu rumah tangga masih dalam kondisi yang tidak santai seperti misalnya mencuci piring atau mengawasi anak belajar, hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan.

Malam hari jam 23.00 – dini hari pk 01.00:
Saat proses de-toxin di bagian hati, harus berlangsung dalam kondisi tidur pulas

Dini hari jam 01.00 – 03.00:
Proses de-toxin di bagian empedu, juga berlangsung dalam kondisi tidur

Dini hari pk 03.00 – 05.00:
De-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini. Karena proses pembersihan (de-toxin) telah mencapai saluran pernafasan, maka tak perlu minum obat batuk agar supaya tidak merintangi proses pembuangan kotoran

Pagi jam 05.00 – 07.00:
De-toxin di bagian usus besar, harus buang air di kamar kecil.

Pagi jam 07.00 – 09.00:
Waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, harus makan pagi. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi yaitu sebelum pk 6:30. Makan pagi sebelum jam 7:30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya.

Bagi mereka yang tidak makan pagi harap merubah kebiasaannya ini, bahkan masih lebih baik terlambat makan pagi hingga pk 9-10 daripada tidak makan sama sekali. (hmm, betapa pentingnya sarapan pagi !)

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 04.00 dini hari adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

Lalu bagaimana kiat-kiat mengurangi kegiatan begadang kita?

● Cobalah memejamkan mata ketika waktu tidur telah tiba.
● Banyak melakukan kegiatan di pagi, siang dan, dan sore hari. (biasanya ketika malam hari badan kita akan terasa lelah setelah melakukan aktifitas di pagi, siang, dan sore hari)
● Kurangi merokok (jujur, saya sendiri tidak bisa tidur kalau merokok berlebihan)
● jauhkan diri dari benda-benda yang menyebabkan anda terjaga lebih lama (TV, ponsel bahkan PC anda misalnya)

Inget kata bang H. Rhoma Irama "begadang jangan bergadang, kalau tak ada artinya. begadang boleh saja kalau ada perlunya". Kurangi begadang, jaga kesehatan, dan jangan lupa berdoa sebelum tidur, hehehe... .

Apakah begadang termsuk salah satu rutinitas anda?
Jika iya, maka alangkah baiknya diperhatikan poin-poin diatas untuk meminimalisir dampak yang akan kita dapat akibat begadang :)

0 Komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More