Sabtu, 29 Januari 2011

Wow! Air Terjun Dan Danau Ini Berwarna Merah Darah

Sebelumnya perhatikan beberapa penampakan berikut:
gambar air terjun warna merah, danau waterton gambar air terjun warna merah, danau waternton

gambar air terjun warna merah, danau waterntongambar air terjun warna merah, danau waternton


Gambar-gambar diatas adalah penampakan Air Terjun/Danau Waterton di Kanada yang mendadak airnya berubah menjadi merah seperti kolam darah... kira-kira fenomena alam apa ya dibalik peristiwa mencengangkan ini?

Sabar dulu... !! Jangan keburu menyimpulkan kalo perubahan warna air danau diatas adalah karena campur tangan mahluk halus ataupun sesuatu yang berbau klenik, mitos dan lain sebagainya karena itu hanyalah peristiwa alam yang lumrah terjadi...

Rochella Coffey, sang fotografer yang berhasil mengabadikan momen ini enam tahun yang lalu sebelumnya juga tercengang akan Peristiwa langka ini. gimana ndak heran, lha wong air danau yang tadinya warnanya bening tur adem tiba-tiba mendadak berubah warna menjadi kemerah-merahan mirip kolam darah seperti itu hanya dalam waktu 2 jam. Sobat pun pasti geleng-geleng kepala waktu pertama kali melihatnya.. Iya kan?

Sebenarnya apa sih penyebabnya?
Penyebabnya cukup sederhana dan dapat diterima akan sehat. Yakni akibat banyaknya curah hujan di sekitar TKP, akibantnya sedimen yang tadinya menemani danau itu selama ratusan tahun belakangan ini terkikis, sehingga timbullah warna merah di sepanjang aliran air.

Apa sih sedimen itu?
Bahasa kampung saya, sedimen adalah jenis batuan yang sudah lama mengendap, kemudian terkikis bersama aliran sungai. kebetulan batuan di Air Terjun Waterton tersebut berwarna merah, maka jadilah air danaunya berubah menjadi merah akibat batuan yang terkikis tadi. Selanjutnya, sedimen berwarna merah tersebut kita sebut sebagai sedimen argolite.

Danau Waterton, tempat dimana air terjun terdapat, mempunyai batu sedimen tertua di perbatuan Canada, yang berusia 1.500 tahun lalu...

0 Komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More